FILTER AIR  di PURWOKERTO

Solusi air bermasalah di rumah maupun perkantoran.Informasi lengkap hub. Ary chat/wa : 085225933224

Kamis, 23 Desember 2010

Tips Mengisi Content

Tips Mengisi Content

Berdasarkan pengalaman pribadi saya dan pengalaman rekan-rekan blogger lainnya, ada kalanya kita kehabisan ide untuk menulis. Nah, bab ini akan khusus membahas berbagai hal soal tulis menulis.

Cara menemukan ide tulisan
Sebuah blog haruslah selalu diupdate. Minimal seminggu tiga kali anda harus mengupdate blog. Ya, bukan harus sih, tapi rata-rata orang berkunjung ke blog yang sama adalah 2-3 hari sekali. Ada juga yang tiap hari. Nah, jika mereka berkunjung dan tidak menemukan hal yang baru sampai 1 minggu, maka di minggu berikutnya mereka akan mikir-mikir lagi kalau mau berkunjung. Nah, karena itulah anda perlu mengisinya minimal 3 hari sekali atau kalau bisa setiap hari.

Lalu bagaimana menemukan ide untuk tulisan kita?
Pertama anda harus putuskan apa topic utama blog anda. Misalnya anda membuat blog khusus tentang perjalanan hidup dan pelajaran-pelajaran hidup yang anda alami setiap hari. Maka mulailah focus kesana. Lalu mulai kembangkan. Misalnya dalam soal ekonomi, pengalaman batin, atau mungkin perjalanan spiritual anda. Bila anda focus ke satu topic besar, maka kemungkinan memperoleh pengunjung yang setia akan semakin besar.Anda juga bisa membuat blog yang isinya perasaan dan ide-ide anda untuk bangsa ini. Wah, kayaknyaberat kan? Tapi ini sangat mudah. Yang harus anda lakukan hanya sering-sering ke web media massa. Misalnya www.jawapos.com, www.kompas.com, atau www. inilah.com atau www. detik. com.

Nah, dari sini anda bisa mulai menemukan berita-berita yang sesuai dengan kemampuan anda. Jika anda suka sport, anda bisa langsung ke halaman sport, jika anda suka politik, langsung aja ke bagian politik. Baca satu atau dua berita dan buatlah komentar di blog anda. Yah, mencari ide lewat media memang sangat menguntungkan. Dan membuat blog anda menjadi sumber informasi kedua bagi para pembaca.

Strategi jika otak sedang buntu menulis
Sudah dapat ide, tapi kok layar monitor masih blank juga ya? Berarti ada yang kurang nih. Ya, terkadang ide dasar sudah kita punya. Lha kok pas mau nulis mengawalinya yang susah. Nah, ini ada sedikit cara yang biasa saya lakukan saat saya kehabisan kata-kata alias buntu. Cuma 1 kuncinya dan bila anda lakukan anda akan bisa menulis dengan sangat lancar.

APAPUN YANG SAYA TULIS ADALAH BENAR.
KALAU TIDAK BENAR BERARTI YANG BACA YANG SALAH

Mastering WordPress 3.0
CafeBisnis.com


Nah, itu rumusnya. Tiap anda terhenti waktu nulis, segera ingat kata-kata diatas. Bahwa apapun yang anda tulis adalah benar. Tak peduli tanda bacanya salah, ejaannya kurang bagus, susunan katanya susah dibaca, pokoknya apapun yang anda tulis adalah benar. Saat kita nulis, sebenarnya kedua otak kita bekerja bersama-sama. Tapi pada beberapa orang, otak kirinya terlalu dominan waktu menulis sehingga membuat tulisannya terhambat. Kerja otak kiri adalah
sebagai korektor. Dia suka protes kalau ada yang dirasa kurang tepat. Kurang inilah, kurang itulah, harus begini, harus begitu, pokoknya protes terus. Nah, dengan menggunakan kalimat diatas, maka anda telah membungkam si tukang protes sehingga otak kanan anda yang kreatif, yang penuh imajinasi yang tanpa batas dan aturan bisa bekerja sangat optimal. Nantinya setelah tulisan anda kira sudah cukup dan sudah saatnya akan dipublish, baru deh biarkan si tukang protes bekerja sendiri. Otak kanan diem dulu. Betulkan ejaan-ejaannya. Rapikan susunan katanya dan kalau perlu beri sedikit sentuhan warna di tulisan anda. Baru kemudian silahkan di publish.

Menulis untuk Masa Depan
Ada kalanya kita tidak sempat untuk online 2 hari sekali bahkan setiap hari. Mungkin karena kita masih memiliki tanggung jawab yang lain atau karena suatu hal. Nah, ini berdasarkan pengalaman saya dalam mengelola blog sebelum memiliki koneksi internet sendiri di rumah. Setiap hari, saya luangkan waktu untuk menulis minimal 2 artikel. Ya, cukup beberapa ratus kata saja tak perlu panjang-panjang. Lalu saat saya bisa online saya posting semua artikel. Saya tidak mengaturnya agar artikel terpublish semuanya hari itu, tapi saya memanfaatkan fasilitas wordpress untuk menampilkan artikel saya beberapa hari ke depan. Ilustrasinya seperti ini. Hari pertama saya menulis 2 artikel. Hari kedua 2 artikel lagi sehingga saya punya 4 artikel. Hari ketiga saya kembali menulis 2 artikel. Besoknya dihari ke-4 saya bisa online. Karena saya sudah punya 6 artikel, maka saya tinggal mengatur agar artikel2 itu muncul 1 artikel setiap hari. Maka dengan 6 artikel, saya sudah bisa santai selama 6 hari.

Selama 6 hari itu, saya tetap menulis 2 artikel per hari. Jadi ketika hari ke-6 saya sudah mengumpulkan minimal 10 artikel. Dan dengan cara yang sama saya posting dengan setting 1 artikel per hari. Begitu seterusnya. Dengan disiplin 2 artikel per hari, anda bisa santai-santai selama sebulan penuh nantinya dan blog anda akan terupdate terus setiap hari. Bahkan jika pas ada moment penting dan anda perlu menambah artikel, maka sehari itu anda bisa posting 2 artikel sekaligus. Enak sekali bukan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung Indo bisniss Blogg yang budiman, terimaksaih ANDA telah mampir dan menyempatkan waktunya untuk membaca isi dan informasi yang ada.Semoga pembaca mendapatkan informasi berguna.Jangan lupa apresiasinya yah.